Selasa, 09 Juni 2009

yel-yel motivasi

Yel-Yel Motivasi

Yel-Yel Motivasi berasal bahasa inggris yaitu dari kata yell yang berarti teriakan. Sedangkan motivasi berasal dari kata motivate diambil kata bendanya yang berarti pendorong. Jadi yel-yel motivasi ialah teriakan-teriakan yang keras yang bertujuan memberikan dorongan agar seseorang semangat dalam melakukan sesuatu. Motivasi ini merupakan motivasi ekstrinsik yang menumbuhkan semanagat, minat, dan gairah untuk melakukan tindakan dari luar diri seseorang. Motivasi ini membantu menumbuhkan atau menyempurnakan rasa semangat pada diri seorang siswa karena pada hakikatnya setiap anak mempunyai motivasi intrinsik. Motivasi intrinsik itu mudah sekali hilang dikarenakan lingkungan dan teman-teman yang kurang mendukung. Dan yel-yel motivasi ini biasanya dipakai dalam kegiatan seperti kegiatan di alam bebas outbound, pramuka, atau dalam suatu kompetisi.
Yel-yel ini baik juga diterapkan dalam proses pembelajaran karena dengan pembelajaran yang inovatif hubungan antara guru dan siswa itu lebih dekat, akhirnya akan tumbuh kenyamanan dan rasa senang belajar dengan seorang guru yang inovatif tersebut. Berbagai eksperimen dilakukan para ahli-ahli psikologi tentang proses belajar mengajar berhasil mengungkapkan serta menemukan sejumlah prinsip atau kaidah yang merupakan dasar-dasar dalam melakukan proses dan mengajar atau pembelajaran. Sehubungan dengan itu ada berbagai prinsip yang dikemukakan oleh para ahli dibidang psikologi pendidikan yaitu law of effect, bila hubungan antara stimulus dengan respon terjadi dan diikuti dengan keadaan yang memuaskan, maka hubungan itu diperkuat. Sebaliknya jika hubungan itu diikuti dengan perasaan tidak menyenangkan maka hubungan itu akan melemah. Jadi hubungan belajar akan diperkuat apabila menumbuhkan rasa senang atau puas (Thorndike). Law of Readiness yaitu bila satuan-satuan dalam sistem syaraf telah siap berkonduksi, dan hubungan itu berlangsung, maka terjaminnya hubungan itu akan memuaskan. Dalam hubungan ini tingkah laku baru akan terjadi apabila yang belajar telah siap belajar.
Yel-yel motivasi dilakukan ketika murid sedang mengalami penurunan perhatian, jadi tidak hanya dilakukan diawal atau di akhir pertemuan saja bisa juga diterapkan ditengah sesuai dengan kebutuhan. Seperti sebuah sekolah di Australia disana terbiasa melakukan yel-yel diakhir pertemuan dengan dengan gerakan-gerakan yang berfungsi merefress para siswa.
Bentuk-bentuk yel-yel yang dipakai dalam kelas itu biasanya berbeda dengan sekolah-sekolah lain. Karena yel-yel ini bisa dibuat oleh guru atau siswa sendiri lebih menarik dan baik contoh:
1. Yel-yel kelas
Ketika guru masuk da mengucapkan salam lalu mengucapkan selamat pagi para siswa menyaut dengan:
SELAMAT PAGI…. SELAMAT PAGI…. SELAMAT PAGI PAK GURU…
SEMANGAT…… SEMANGAT…… DAN SEMANGAT….
ALLAHU AKBAR…….
2. Yel-yel pelajaran
Ketika guru menemukan siswa yang ramai, konsentrasinya kurang ke pelajaran, dan kurang berminat mengikuti pelajaran. Guru mengatakan kata semangat maka para siswa menyaut:
SEMANGAT ….…. SEMANGAT ….…. SEMANGAT BELAJAR !!!
AYO SEMANGAT !!!
ALLAHU AKBAR …….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar